Benarkah Diet Dirancang untuk Gagal? Berikut Pendapat Pakar

Ilustrasi diet. shutterstock.com
Menurut seorang pakar kesehatan di Amerika Serikat, diet itu
sebenarnya dirancang untuk gagal.

Para ahli mengatakan diet sebenarnya dirancang untuk gagal sehingga seseorang kehilangan semangat untuk menjalankan diet dan akhirnya mau hidup sehat. Buat yang ingin memulai diet yang baik, cobalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Jangan berpikir akan sesuatu yang sulit sehingga diet tidak efektif, bahkan menjadi bumerang dan memicu berat badan bertambah.

“Dengan kata lain, diet dirancang untuk gagal,” kata Linda Bacon, PhD, dari perhimpunan ahli gizi di University of California dan profesor di City College of San Francisco, seperti dilansir Womansday.

Menurutnya, pemahaman bahwa diet tidak bermanfaat adalah kabar baik bagi mereka yang berjuang dengan kekhawatiran berat badan. Mereka ingin melawan keinginan mereka tapi kemudian meninggalkannya.

Tentu saja, hal itu meningkatkan kesehatan seseorang, kebiasaan makan, dan bentuk tubuh yang sesuai. Orang tersebut tidak peduli saat menimbang berat badan lagi.

“Mengenali diet itu adalah masalah, bukan solusi,” kata Dina Zeckhausen, PhD, seorang psikolog yang berbasis di Atlanta dan pendiri jaringan informasi Eating Disorders.

Sebaiknya, hindarilah makan berlebihan. Artinya, tubuh memiliki isyarat saat lapar maupun kenyang. Mulailah menyadari apa pemicu kita makan berlebihan setiap hari.

“Stres dan kecemasan memicu lapar. Hal itu membuat orang makan berlebihan dan dibutuhkan terapis kesehatan untuk menghindari gangguan makan,” jelas Zeckhausen.

Sumber